7 Peninggalan Sejarah Kerajaan Singasari

sejarah kerajaan singasari

Kerajaan Singasari atau orang Jawa menyebutnya Singosari, merupakan kerajaan yang pernah didirikan Ken Arok pada tahun 1.222 Masehi.

Beberapa daerah di Jawa Timur pernah menjadi saksi sejarah Kerajaan Singasari. Banyak peninggalan yang membuktikan bahwa di daerah Jawa Timur, terutama Malang, menjadi tempat dimana Kerajaan Singasari pernah berjaya pada masanya.

Dengan mengetahui berbagai peninggalan kerajaan Singasari yang penuh sejarah ini, kita jadi mengerti kalau Kerajaan Singasari pernah berdiri.

Apa saja 7 peninggalan Kerajan Singasari?

Mari kita simak semuanya!

1. Candi Singosari

Candi Singasari atau Singosari, letaknya di sebuah Desa bernama Desa Candi Renggi, tepat di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Candi Singasari juga dikenal dengan sebutan Candi Cungkup atau Candi Menara, yang memiliki arti sebagai candi paling tinggi di saat masih berjaya.

Candi yang dibangun di tahun 1300 Masehi ini menjadi saksi bisu untuk penghormatan Raja Kertanegara.

2. Candi Jogo

Candi yang dibangun di masa Kerajaan Singhasari masih berjaya pada abad 13.

Mengambil nama Jago yang mengartikan makna agung atau besar. Nama tersebut merupakan istilah yang dipakai untuk sebutan tempat suci.

Dulu Candi Jago sangat terlihat megah. Sebuah cerita dijelaskan kalau kondisi Candi Jago saat ini tidak semegah dulu karena sebagian bangunan pernah tersambar petir.

3. Candi Sumberawan

Ukurannya kecil, terbuat dari material batu andhesit, dan bentuknya stupa. Satu-satunya stupa yang ada di Malang.

Candi Sumberewan terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Seorang ahli purbakala pernah mengatakan bahwa Candi Sumberawan pernah menjadi saksi atas kunjungan Hayam Wuruk pada tahun 1359 Masehi.

4. Candi Jawi

Kali ini bukan dari Malang dan Candi Jawi diambil dari nama Jejawa yang lokasinya berada di kaki Gunung Welirang, Desa Candi Wates, kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Meski bukan di Malang, tatapi Candi Jawi menjadi tempat pemujaan dan tempat penyimpanan abu milik Kartanegara yang menjadi raja terkahir kerajaan Singasari.

5. Arca Dwarapala

Arca Dwarapala merupakan sebutan untuk patung penjaga gerbang yang wujudnya setengah manusia dan setengah monster.

Sosok Arca Dwarapala ini selalu diletakkan di bagian luar kuil, candi, atau bangunan lain yang menjadi peninggalan Kerajaan Singasari.

Kenapa harus di luar?

Karena meskipun sosoknya menyeramkan, tetapi ahli sejarah mengatakan kalau Arca Dwarapala berperan dalam melindungi tempat suci. Wujud mereka dalam jumlah satu (perindividu), sepasang, atau berkelompok.

6. Prasasti Wurare

Ada juga Prasasti Wurare yang menjadi peninggalan Kerajaan Singasari yang digunakan untuk memperingati penobatan Arca Mahaksobhaya di sebuah daerah Wurare. Daerah inilah yang menjadi parasasti ini memiliki nama Prasasti Wuware.

7. Candi Kidal

Peninggalan kerajaan Singasari berikutnya yaitu Candi Kidal. Candi yang sengaja dibangun demi penghormatan raja kedua Singasari yaitu Anuspati.

Selain itu, ada cerita mitologi yang menyebutkan bahwa Candi Kidal menjadi saksi sejarah pembebasan para pelayan dan budak pada masa kerajaan Singasari berjaya.

 

Itulah 7 peninggalan sejarah Kerajaan Singasari. Semoga dengan mengetahui ketujuah peninggalan tersebut, kamu jadi tau bahwa kerajaan Singasari memiliki jejak sejarah yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *