Makanan yang beresiko meningkatkan batu ginjal

batu ginjal

1. Makanan tinggi sodium
Natrium, yang biasanya terkandung dalam paket garam dan makanan, merupakan komponen yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal karena diet tinggi natrium, umumnya dalam urin, menyebabkan peningkatan jumlah pemicu kalsium. Beberapa contoh makanan tinggi sodium:

kalengan
Daging olahan (seperti bacon, nugget, ham, sosis)
Saus tomat atau saus
Kacang acar
Makanan cepat saji (misalnya, sereal instan, mi instan)

batu ginjal
2. Protein hewani
Daging dan sumber protein hewani lainnya (seperti telur dan makanan laut) mengandung purin. Purin berubah menjadi asam urat dalam urin. Asam urat adalah salah satu bahan yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal, sehingga terlalu banyak asupan protein hewani dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di masa depan. Organ lain, seperti hati dan bagian dalam, juga mengandung purin selain daging. Disarankan untuk makan tidak lebih dari 170 gram daging per hari batu permata.

Selain risiko asam urat, protein diperoleh dari hewan, dan meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium dengan meningkatkan ekskresi kalsium, tetapi mengurangi tingkat sitrat dalam urin. Meskipun sitrat dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, asam pada protein hewani mengurangi kandungan sitrat.

3. Produk dengan kandungan oksalat tinggi
Sebagai pembentukan batu ginjal, oksalat sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh, misalnya, dari produk sampingan dari vitamin C. Namun, konsumsi makanan dengan kadar oksalat dapat meningkatkan jumlah oksalat dalam urin, di mana ia mengikat untuk pembentukan batu kalsium oksalat kalsium oksalat. Beberapa jenis produk yang harus Anda pertimbangkan adalah kadar oksalat, yaitu:

bayam
warna
bit
kiwi
almond
anacard
produk kedelai
Bran dari gandum
Kakao, cokelat
teh
Tingkat tinggi vitamin C. Makanan yang mengkonsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C per hari dapat meningkatkan tingkat oksalat.
Bagaimana dengan kalsium?
Karena sebagian besar batu ginjal mengandung kalsium, ini tidak berarti bahwa Anda perlu menyingkirkan kalsium dari menu harian, liontin batu giok akik karena diet kalsium tidak meningkatkan risiko pembentukan kalsium oksalat. Kalsium, yang dalam saluran pencernaan terkait dengan oksalat dari makanan dan mencegah oksalat ke dalam aliran darah dan saluran kemih, sehingga tidak membentuk batu. Mereka yang sudah menderita batu ginjal kalsium oksalat harus mengandung setidaknya 800 mg kalsium per hari, bukan hanya untuk mencegah pembentukan batu ginjal, tetapi juga untuk menjaga kepadatan tulang.

Kalsium dapat menyebabkan batu ginjal, kalsium berasal dari suplemen makanan, terutama jika Anda tidak mengonsumsi suplemen bersama dengan makanan. Jika Anda benar-benar perlu mengonsumsi suplemen kalsium, minum suplemen saat Anda makan gelang batu giok akik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *