Coban Sumber Pitu, Air Terjun Unik dan Sangat Menarik

Kalau membahas tentang tempat wisata alam yang terdapat di Malang, memang kota wisata tersebut tidak akan ada habisnya memeberikan berbagai macam tempat wisata alam seperti gunung, pantai, dan air terjun kepada para wisatawan yang sedag pergi berwisata. Salah satu air terjun di Malang yang sangat terkenal karena memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri adalah Air Terjun Sumber Pitu. Air terjun yang berada di tumpang ini mempunyai sebuah keunikan alam yang tidak dapat dijumpai di air tejun lain di Malang.

sumber pitu

Keunikan Alam di Air Terjun Sumber Pitu

Sesuai dengan namanya air terjun sumber pitu ini memiliki 7 aliran air terjun yang airnya bersumber dari tanah dan langsung menyembur ke arah tebing dengan jumlah banyak dan berasal dari satu mata air yang memancarkan 7 titik aliran air dengan letak cukup berdekatan. Debit air yang yang dihasilkan oleh sumber air di Coban Sumber Pitu ini mencapai 1.600 L/detik, hal itu membuat para masyarakat sekitar percaya bahwa sumber air tersebut berasal dari aliran air sungai bawah tanah yang masih ada kaitannya dengan Gunung Bromo. Karena hal itulah yang membuat tempat wisata ini sering dijadikan sebagai tempat melakukan ritual oleh masyarakat dari luar desa sekitar air terjun ini. Nah jika anda ingin ke bromo dan ingin sewa jeep bromo bisa mengunjungi ihsantravel.com

Salah satu keunikan selanjutnya yang terdapat di air terjun ini adalah adanya sebuah pohon yang sudah tumbang dan telah berumur puluhan tahun, dengan adanya pohon tumbang tersebut para wisatawan sering menjadikannya sebagai salah satu latar belakang untuk melakukan kegiatan berfoto. Tinggi aliran air terjun mencapai 70 meter serta pepohonan dan tumbuhan hijau lebat yang mengelilingi air terjun, membuat suasana di sekitarnya menjadi lebih sejuk, eksotis dan juga mempesona.

Lokasi dan Harga Tiket di Air Terjun Sumber Pitu

Untuk lokasinya sendiri air terjun Sumber Pitu ini berada di Desa Duwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur dan masih berada di kawasan TNBTS. Jaraknya lumayan jauh dari Kota Malang sebaiknya anda sewa mobil malang yang akan mengantarkan anda ke lokasi. Untuk dapat memasuki tempat wisata ini para wisatawan tidak akan dikenai biaya masuk, namun fasilitas yang terdapat di kawasan wisata ini sangatlah minim sekali sehingga mengharuskan para wisatawan untuk membawa perbekalan untuk membuat perjalanannya lebih aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *